Jumat, 03 Februari 2012

1. Mau maju? Efisiensikan Internet!

Sampai sekarang Mr. Gigi selalu berkata ke diri sendiri:
Wish I had internet wired in my home years ago T.T
Saya sadar semua yang dicapai dan diusahakan saat ini benar-benar pengaruh dari internet. Saat diri ini sedang semangat cari beasiswa, tinggal nyalain komputer dan "berselancar". Diri ini mau mencari ide tuk suatu karya baru? Paman google selalu jadi jawaban. Bahkan sampai kalau diri ini sudah ketinggalan update bahasa gaul, bisa tuh dicari di internet. Memang besar jasa sang penemu internet. 

Hal yang sangat mencengangkan saat ini adalah walaupun di negara kita, negara yang banyak dibilang sebagai negara berkembang, hampir semua anak muda minimal sudah bisa mengakses internet dan seringkali termasuk piawai "update status". Internet bukan lagi menjadi barang yang asing di telinga dan kehidupan mereka. Bahkan kalau dibilang Mr.Gigi kalah jauh dibanding anak-anak sekarang yang bahkan sudah berlomba-lomba update status dengan smartphone mereka masing-masing. 


Di balik kepiawaian mereka ber-update status, ternyata baru disadari bahwa tidak semuanya piawai menggunakan internet untuk update diri. Sebagai contoh nyata, suatu hari seorang kenalan yang masih dari daerah Jawa membuka pembicaraan melalui  jejaring sosial. Pembicaraan cukup panjang hingga kami berdua beralih ke hal yang lebih akademis, masalah penjurusan dan minat, pilihan universitas dll. Di balik kepiawaiannya "berselancar" ternyata pengetahuannya dalam penggunaan internet untuk update diri masih terbilang kurang. Bagaimana mencari informasi tentang suatu beasiswa, pemilihan program berdasar minat, dll dari internet. 

Apakah hal tersebut menuntut kedewasaan sebagai syarat?
Apakah hanya masalah kesiapan?

Memang hal tersebut hanya contoh kecil, tapi ingin rasanya memberitahukan ke semua anak muda bahwa kalian mempunyai kamus informasi yang lebih besar dari perpustaan manapun, dekat dengan kalian, dan hanya menunggu kalian semua siap dan berkenan untuk membukanya.

Kalian punya kuncinya, jadi mulailah membukanya mulai dari sekarang.
Dan karenanya kalian akan lebih baik dari generasi yang telah lalu, ayah, ibu ataupun seorang presiden nantinya.

"Wish I had internet wired in my home years ago T.T"
but it's never too late to start

0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^