Selasa, 24 Januari 2012

2. Dunia Bukan Film


Seperti apa Indonesia di mata Eropa? Sebagian akan berkata negara itu tempat orang-orang berjalan ribuan kilometer tuk menuntut ilmu.

Seperti apa Amerika di mata Indonesia? Sebagian akan berkata itu akan menjadi tempat yang sangat menyenangkan tuk tinggal, dimana barang elektronik berharga murah bertebaran.

Seperti apa Afrika di mata Eropa atau bahkan Indonesia? Sebagian akan berkata mereka hidup sangat menyedihkan, kelaparan, sulit berpakaian, dan jauh dari teknologi. Anggapan itu generalis, tapi tidak salah.

Saya menyadari bumi ini terlalu termakan media. Coba kita lihat bagaimana Indonesia digambarkan di dunia luar, perang, kemiskinan, dan mungkin orang mengira Indonesia hanyalah hutan tropis tanpa ada peradaban maju. Buktinya salah seorang kolega di ceko mengatakan "wah anda punya kota yang sangat maju, saya kira Indonesia hanya hutan". Lagi-lagi tidak salah, hanya mungkin borneo-lah yang ia lihat.

Informasi yang diberikan tidak salah, hanya separuh-separuh. Orang Afrika kenalan saya malah lebih terkaget-kaget ketika ia datang terlambat ke Eropa guna menempuh perguruan tinggi, ia bertemu dengan seorang Ceko. Seketika terjadi saling tukar kata,

Ceko: "wah kamu berpakaian bagus sekali".
Afrika: (huh?)
Ceko: "saya kira orang afrika tidak pake baju"
Afrika: (Whattt?)
Ceko: "mengapa kamu terlambat?"
Afrika: Ohh masalah visa
Ceko: wahh saya kira kamu kesini naek rakit >.<

Tidak salah, namun tidak sepenuhnya benar. Media yang ada hanya memberikan "santapan" sebagian. Hollywood, berita internasional, dll hanya mengambil hal menarik dan terkadang menyedihkan. Hati-hati dengan generalisme ^^

Sekarang saya bertanya, bagaimana anggapan anda terhadap bule?
Apakah kita setara atau memang kita menempatkan diri di bawah mereka?
Bah Itu urusan masing-masing otak anda.

0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^