Jumat, 28 Oktober 2011

4. Kindle Fire

Dunia teknologi tablet sedang memanas, lagi-lagi ada sebuah produk yang dijagokan meraup pangsa pasar yang kini dimiliki oleh Ipad. Ialah Kindle Fire, salah satu anggota keluarga Kindle terbaru besutan Amazon yang untuk pertama kalinya mempunyai layar warna dan tentunya capacitive touchscreen. Mari kita lihat bersama-sama ^^

Awalnya Mr.Gigi cukup bingun bagaimana menyebut "benda" ini, haruskah menggunakan sebutan "tablet" atau hanya sekedar "eReader". Soalnya kan kindle beken dikenal sebagai Ebook reader. Tapi untuk kemudahan komunikasi, mari kita sebut ini sebagai tablet karena memang anda bisa membaca, mendengarkan, dan browsing internet dengan ni barang. 

Kindle Fire
Tablet ini sudah menyentuh pasar, hanya saja masih dalam tahap pemesanan di Amazon. Akan mulai dikirim terhitung 15 November 2011. Sayangnya yang bisa mesen baru bisa orang Amrik doang dan entah apakah orang Asia nantinya bisa gunain di negaranya. Jangankan Asia, denger-denger Eropa sekalipun masih harap-harap cemas mengenai ni barang apa bisa masuk ke pasar Eropa atau ngga. Yang pasti setelah masuk pasar Eropa, harganya melambung tinggi. Belum lagi kewajiban penambahan harga barang dengan penambahan VAT (Value Added Tax).

Pro(s)
Ni tablet okeh punya ternyata. Kindle fire sudah menggunakan dual core processor 1 GHz dan android. Sayangnya android yang digunakan belum Honeycomb. Denger-denger masih menggunakan Android 2.3 yang dimodif khusus oleh Amazon. Tapi processor dual core-nya semoga tidak mengecewakan ^^ bisa diliat nanti di video. Untuk browsing, Amazon memperkenalkan Silk browser yang membuat browsing menjadi lebih cepat. Hal lain yang membuat tablet ini patut ditunggu adalah daya jelajah konten Amazon yang bejibun. Hanya dengan membeli kindle fire seharga $199. Bahh... harganya ga sampe setengahnya Ipad!!

Con(s)
Sayangnya dengan mengganti layarnya menjadi berwarna, Amazon tidak dapat menggunakan teknologi e-ink mereka sehingga pantulan cahaya harus menjadi salah satu bahan pertimbangan. Pertimbangan lain adalah versi kindle ini tidak mempunyai slot untuk tambahan memori, walaupun anda dapat menggunakan amazon cloud storage dengan kapasitas unlimited. Namun, sebelum memikirkan semua hal tersebut, pertanyaan besarnya adalah apakah kindle ini dapat digunakan di Indonesia dan apakah aplikasi jelajah kontennya dapat berfungsi? Kita harus menunggu sampai minimal 15 November nanti. 


Sebagai tambahan informasi, salah satu artikel menyebutkan bahwa untuk mendapatkan harga tersebut Amazon melakukan strategi "nombok di awal". Merugi di awal tapi kemudian mendapatkan profit ketika pengguna kindle membeli konten lebih banyak di Amazon. 

info lebih lanjut: www.amazon.com & di sini

0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^