Senin, 22 Agustus 2011

10. Hagia Sofia (Museum Ayasofya)

Teringat Mr.Gigi pernah bermain sebuah game perang strategi di PC. Salah satu wondrous object yang bisa dibuat adalah Hagia Sofia. Sebuah bangunan "berkebangsaan" Turki. Ternyata oh ternyata, hampir 5 tahun berselang, baru sekarang diri ini tahu bahwa bangunan tersebut semula adalah sebuah mesjid!

Hagia Sofia atau yang sering disebut Mesjid Aya Sofia mempunyai sejarah yang cukup bervariasi. Awalnya merupakan gereja yang kemudian oleh sultan Muhammad ...(lupa sultan yang keberapa) mulai diubah menjadi mesjid. Akhirnya, dengan keindahan ornamen dalam mesjid tersebut dan karena kentalnya sejarah yang ada, mesjid ini sekarang diubah menjadi sebuah museum yang sangat amat menarik. blogger-emoticon.blogspot.com Alangkah inginnya Mr. Gigi dapat berkunjung ke sana!

Lihat ni bagaimana keindahan sebuah Hagia Sofia. Ckkckck...Museum Aya Sofya memang sangat indah. Lihat bagaimana puluhan jendela berdiri berjajar di sisi mesjid. Lihat bagaimana cahaya seakan memantul dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Oh....

Menurut informasi yang saya terima dahulu ada tempat sholat tersendiri untuk sultan, bukan karena semata-mata membedakan tiap orang dalam melakukan ibadah namun karena dulu Sultan sebelumnya pernah ditusuk oleh orang tidak dikenal.

Kalau pengen baca lebih dalem, pantengin ni di sini

0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^