Jumat, 20 Mei 2011

7. Tips Menghargai Orang Lain

Ada bermacam-macam tipe mahasiswa, ada yang merasa 4 tahun masa kuliahnya tak mendapatkan apa-apa dan ada pula yang merasa 4 tahun masa kuliahnya sangat berharga. Itulah perbedaan, tapi kita seorang dirilah yang tahu posisi kita di dua pilihan tersebut.

Saya pribadi memilih pilihan kedua sebagai jawaban. Orang mungkin banyak bertanya kok saya bisa menjawab seperti itu, padahal yang rutin saya kerjakan adalah tidur tatkala kelas telah memasuki menit ke 30. Terus tertidur sampai bel full time berbunyi. Jujur saya tidak menyesal karena itulah salah satu moment of joy yang saya miliki, disamping berbagai ilmu di luar pelajaran.

Ilmu yang berasal dari luar cukup membuat saya overloaded. Banyak hal yang saya pelajari, salah satunya adalah pengamatan saya bagaimana cara menghargai seseorang. Penghargaan terhadap seseorang seringkali lebih mujarab dibandingkan dengan berbagai kata-kata kiasan yang klise.

Beberapa cara menghargai orang yang berefek besar pada hubungan:

1. Berterima kasih dengan tulus dan memberikan sentuhan sedikit ke lengan lawan bicara. Cara ini beberapa kali saya lakukan dan memberikan efek yang baik dalam hubungan. Entah mengapa, cobalah beraksi dengan tulus karena ketulusan itu sangat mudah diketahui.

2. Sebut namanya saat menyapa. Mengingat nama merupakan penghargaan awal yang sangat bagus tuk meningkatkan hubungan. Coba sapa orang yang lebih tua dengan namanya, tentunya dengan kata pembuka dulu. Dijamin mereka lebih banyak bicara dengan anda nantinya. Orang besar saja menghapal nama, bagaimana dengan kita?

3. Bila ingin berterima kasih, datangi secara langsung. Kurangi media seperti telepon atau SMS. Mendatangi secara langsung memberikan efek yang lebih besar.

4. Berikan hadiah, kalau yang ini tentunya sudah tahu ya. Bisa diberikan sebagai oleh-oleh ataupun saat event khusus.

5. Jangan pernah ragu berterima kasih, selalu layangkan kata tersebut kepada setiap orang yang telah membantu anda. Bagaimanapun tanpa mereka anda bukan apa-apa.



0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^