Sabtu, 04 Juni 2011

2. Dahsyatnya Sortasi!

Menjadi seorang calon ahli teknologi pangan yang masih menginjak semester 3 tentu ga asing dengan yang namanya sortasi. Layaknya kaum minoritas, jujur, dahulu, sekitar 3 tahun lalu, diri ini selalu menganggap remeh yang namanya sortasi. Sedikit menyesal, ternyata setelah melewati 3 tahun di dunia yang sama, pikiran ini kenapa baru terbuka. Terbuka akan kebenaran bahwa sebenarnya sortasi-lah salah satu unsur penting dalam produksi! Its a must, kudu, wajib!

Bekerja untuk Program Kreativitas Mahasiswa ternyata membuahkan hasil, disamping dana yang didapat tentunya ^^. Pengetahuan dan kemampuan seakan meningkat tajam, hehe. Saya memilih rosela sebagai penelitian dikarenakan  pengalaman dalam mengembangkan produk manisan berbahan dasar kelopak bunga tersebut. Pengembangan terus dilakukan, seru, sulit, namun yakin bisa sampai tujuan suatu saat nanti. 

Oleh karena bunga ini pula diri ini tersadar bahwa sortasi sangat amat penting. Tidak heran mengapa negara seperti singapur dapat meningkatkan income hanya dengan melakukan sortasi & packing. Ternyata inilah sebabnya, dengan menggunakan jasa sortasi banyak waktu yang bisa dihemat oleh  produsen dan memastikan keberlangsungan produksi. Tentunya hal tersebut merupakan nilai tambah. 

Baru disadari bahwa rosela harus dibeli dalam keadaan segar, belum dikeluarkan bijinya. Bunga ini pun harus segera disortasi langsung setelah pembelian. Pisahkan antara yang busuk dan yang sudah sedikit lembek. Sortasi yang saya lakukan adalah memisahkan yang kuncupnya masih utuh dan yang sudah terluka. Proses tidak apa-apa ditunda satu hari, namun jangan sampai menginjak hari ketiga setelah panen karena warna dan teksturnya sudah sangat berubah. Walaupun proses dapat ditunda, jangan menunda sortasi! Masih banyak lagi pengetahuan yang didapat, namun kalau diceritakan sekarang bisa-bisa habis halaman blog ini.

Yang paling penting lagi adalah tanpa sortasi, PKM penelitian yang dilakukan dijamin gagal! wah thx god, pengalaman dan pencerahan yang luar biasa.

0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^