Sabtu, 04 Juni 2011

3. Catatan Tuk Bertahun Ke Belakang (part 1)

Saya dan 105 orang lainnya tergabung dalam haluan yang sama, mahasiswa departemen ilmu dan teknologi pangan. Tanpa disadari haluan tersebut pulalah yang membuat kami memiliki target jangka pendek yang sama, yaitu segera meluluskan diri dengan gelar kesarjanaan. Bagi saya mendapat gelar bukanlah suatu kebanggaan yang puncak, namun lebih sebagai batu pijakan untuk hidup. Begitulah mahasiswa tingkat akhir, seperti yang saya rasakan, hidup dan mulai berpikir lebih dalam tentang apa peran diri di masa depan nantinya. 

Berpikir satu langkah ke depan dan beberapa langkah jauh ke belakang, rasanya masa saya hidup di dunia kampus bak pangeran dalam sebuah kerajaan. Disadari atau tidak, selama menjadi mahasiswa, hanya berbekal tulisan ataupun kata-kata saat wawancara kita dapat mendapatkan pelatihan, pembiayaan dalam kegiatan, pembiayaan keberangkatan ke luar negeri, bimbingan dari dosen, dan seringkali semuanya diberikan secara cuma-cuma. Benar-benar luar biasa.

Dibayangkan bahwa saat gelar mulai memperpanjang nama saya, hak-hak ataupun keuntungan-keuntungan tersebut akan mulai lenyap satu persatu. Semuanya terkadang mulai dihitung dengan satuan uang dan profesionalitas. Benar-benar berbeda, bukannya saya tidak siap tuk memasuki masa profesionalitas, namun rasanya semakin beranjaknya umur, semuanya makin mengikat.

Dibalik semua tulisan ini, saya cukup lega bahwa dalam kehidupan masa kuliah yang singkat tersebut saya dapat menggunakannya tuk berbenah dan berkembang, walaupun semuanya belum optimal. Masih banyak hal yang seharusnya dapat terus ditingkatkan, namun waktulah pembatasnya. Dalam waktu yang terbatas, tidak hentinya saya mencoba, berusaha, berpikiran positif, dan juga bersahat. Mencoba hal baru terus menerus, keluar dari keraguan dan just nekat seringkali membawa kebahagiaan. Benar kata orang: keluar dari zona aman anda!

Alhamdulillah cukup lega saya untuk mengatakan saya amat bahagia dengan kehidupan saya ke belakang dan untuk kedepannya mari membuat langkah-langkah nyata selanjutnya ^^ Bagi mereka yang masih memiliki waktu, lahap waktu tersebut dengan baik. Saat muda kita melewatkan banyak kesempatan, namun saat tualah saatnya kita menyesalkan semua itu. Keep striving!

bersambung ke bagian (2)

2 comments:

Ricky Sinaga mengatakan...

Agi, tolong tuliskan ttg tujuan hidup manusia secara umum.. Thx..

gigilokuning mengatakan...

Secara umum bgt aja ya.. bisnya rada kagak ngerti bos maksud u hoho...

tiap manusia pasti pengen kebahagiaan, bagaimanapun caranya tiap kegiatan yang manusia lakukan pasti berujung kesana. Coba aja tanyakan "kenapa?" pada setiap kegiatan kita. Pangkalnya pastinya karena kebahagiaan.

Menjadi berguna, berduit, beribadah, semuanya ujungnya kebahagiaan ^^

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^