Sabtu, 09 April 2011

12.Buku: Empat Lensa


Kali ini saya ingin membagi informasi tentang isi dari buku yang sangat membuka wawasan saya mengenai sebuah kepemimpinan. Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada bapak Mardi Wu (CEO Nutrifood) karena telah memberikan pencerahan dengan memberikan buku ini, terlebih lagi secara cuma-cuma (wuahh!). Saya sangat menikmati membaca buku ini halaman demi halamannya karena banyak hal baru yang melawan persepsi seseorang akan dunia kepemimpinan. Apalagi sebelum penyerahan buku ini pak Mardi pernah berkata, mungkin di kemudian hari kepemimpinan seperti inilah yang menjadi masa depan perusahaan. Pilihan kata yang sangat baik, yang membuat semua perhatian mengarah ke buku tersebut. Okay, review dimulai ^^

Saya telah tuntas membaca buku ini, seingat saya buku ini ditulis oleh seseorang yang telah lama berkecimpung di dunia manajemen baik sebagai akademisi ataupun praktisi. Di dalam bukunya beliau bercerita bahwa dalam kepemimpinan harus memperhatikan empat pilar utama, ia menyebutnya sebagai empat lensa. Penggunaan nama lensa digunakan karena kata tersebut mereprentasikan pandangan, sebuah cara pandang. Jadi seseorang harus melihat kempat lensa tersebut dalam memimpin. Empat lensa tersebut diantaranya adalah lensa manusia, lensa pengetahuan, lensa sistem, dan (satu lagi saya lupa ^^).

Banyak pernyataan menarik yang kontroversial dalam buku ini, berikut yang saya kutip:
objektivitas adalah mitos, jangan mengejar target, sistem sebagai penyebab kinerja, jangan menyalahkan, statistik mengajarkan kita untuk diam, motivasi sudah ada dalam diri setiap manusia, hindari penilaian kinerja individual, dan lain-lain. Semua hal tersebut berlawanan dengan praktik di perusahaan saat ini dan tentunya banyak kesangsian bagaimana perusahaan dapat berjalan dengan baik dengan mengikuti kata-kata tersebut, namun seperti kata-kata bapak Mardi: tentunya hal tersebut akan membuat pergolakan, namun bayarannya akan sepadan.

0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^