Jumat, 08 April 2011

8.Hati-Hati Citra Digital

Kehidupan manusia saat ini semakin sulit ditutupi. Era digital hampir membuat setiap individu sulit menutupi sifat asli mereka. Bila dalam kehidupan asli mereka dapat bertokoh, namun seringkali di dunia maya mereka tetaplah mereka. Barusan saya baca hal menarik di salah satu surat kabar, bagaimana seorang polisi dilucuti senjatanya akibat postingan ataupun pengunggahan foto.

Seorang polisi dilucuti senjatanya akibat pernah memposisikan dirinya sebagai pembunuh sadis di akun media sosial miliknya. Memang terlihat sepele namun mungkin kepolisian disana menganggap bahwa hal tersebut dapat memicu kejadian yang terlalu jauh di kemudian hari. Untuk contoh kasus foto, pelucutan senjata dilakukan setelah satu hari sebelumnya seorang polisi memasang fotonya yang mengacungkan senjata ke arah kamera, seperti hendak menembak.

Saya jadi berpikir, saat ini saya dengar status di Fa**book sudah terekam di search engine. Saya dengar pula bahwa rumornya beberapa perusahaan menggunakan citra digital dalam menseleksi calon pegawainya. Jadi lebih baik mulai sekarang buat citra yang baik secara digital, mudah-mudahan tidak ada hal buruk yang terjadi di kemudian hari.

0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^