Jumat, 08 April 2011

10.Economic Crimes!

Economic crimes merupakan istilah yang digunakan di negara Cina untuk menangkap seseorang yang dianggap sebagai ancaman dari partai komunis. Penangkapan yang dilakukan nantinya akan dinyatakan legal secara hukum. Anehnya, seringkali seseorang ditangkap dahulu tanpa sebab lalu setelah diinterogasi baru dinyatakan salah apa. Biasanya nantinya kesalahannya akan berkisar regulasi bisnis dan juga perpajakan.

Negara tirai bambu tersebut memang tidak sedemokratis negara kita. Negeri tersebut punya sejarah panjang komunisme, tapi apakah hak asasi manusia tidak menjadi pertimbangan disana? Bila mengingat gejolak politik di negara Timur Tengah saat ini, sepertinya ada satu dorongan besar entah terlihat atau tidak yang mencoba mengarahkan tiap negara menjadi demokratis. Mungkinkah negeri tirai bambu ini akan terkena imbasnya? Sebaiknya saya tunggu kabarnya saja.

Seorang ibu yang berumur 70an tahun mengatakan bahwa seseorang meneleponya dan meneriakkan economic crimes. Teriakkan tersebut diarahkan ke anaknya yang hendak ditangkap karena kesalahan economic crimes. Ibu itu mengungkapkan pertanyaannya akan dimana hukum yang ada karena ia tidak diperbolehkan tahu mengapa anaknya ditangkap dan dimana anaknya akan dibawa. Semoga Indonesia tidak menjadi negara yang menggunakan taktik ini, ingatan jaman pemerintahan Soeharto masih tetap ada dimana orang-orang aktifis seringkali hilang tanpa ada sebab.

0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^