Selasa, 12 April 2011

15.Buku: Your Job is Not Your Career

Setiap manusia memiliki pandangan yang berbeda tentang hidup. Bagi saya pribadi hidup di dunia merupakan ibadah, darma kepada sesama, dan juga merupakan kebahagiaan. Bagaimana kita memberi makna pada kehidupan kita, bagaimana kita menjadi seseorang yang berguna di dunia ini, ataupun sebanyak apakah kita memberi, itulah sebenarnya arti hidup dan disanalah letak kebahagiaan sebenarnya. Kebahagiaan juga sangat erat kaitannya dengan menemukan, menjalani, dan memperoleh apa yang menjadi keinginan kita, keinginan yang jujur berasal dari nilai-nilai dalam diri kita.

Kadangkala kebahagiaan hanya diartikan sempit dengan mengaitkannya dengan harta, jabatan, ataupun hal yang dapat dinilai dengan angka. Saya tidak bisa mengatakan salah, hanya banyak contoh di luar sana dimana seorang yang kaya raya nyatanya tidak lebih bahagia dari seorang pegawai biasa. Kebahagiaan orang-orang tersebut terenggut karena mereka tidak dapat melakukan hal sesuai dengan passion ataupun antusiasme mereka. Pernahkah kita berpikir bahwa dalam bekerja, hal yang pertama anda pikirkan adalah salary? Mereka mengejarnya sampai-sampai kehabisan waktu berkualitas untuk memenuhi dan memanjakan diri mereka. Mengejar uang ataupun hal lainnya memang penting, tapi untuk apa? Pada akhirnya hanyalah untuk sebuah kebahagiaan.

Seseorang pernah berkata, apabila anda seorang pekerja, besar kemungkinan anda akan menghabiskan 1/3 hari ataupun hidup anda di dalam pekerjaan anda. Dari perkataan tersebut saya mulai berandai-andai apa jadinya diri saya apabila melakukan hal yang saya tidak sukai berulang-ulang kali, ditambah lagi terkadang lingkungan yang kurang "bersahabat" yang tentunya meningkatkan level stress. Saya tidak mau berada dalam situasi seperti itu, apalagi hal ini menyangkut hidup saya, bukan hidup ia ataupun mereka. Ada sebuah buku yang benar-benar membuka wawasan dan pemahaman saya mengenai pekerjaan saya kelak dan juga tentunya mengenai karir. Ternyata karir dan pekerjaan adalah suatu hal yang berbeda satu sama lain. Pekerjaan hanyalah sebuah alat dalam karir dan dalam mencari karir, kata kuncinya adalah passion. Berikut sampul buku yang saya ceritakan:

Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada teman saya, Okky, yang telah bersedia meminjamkan buku karangan Rene kepada saya. Sungguh sebuah pencerahan yang saya dapat. Melalui buku ini, mimpi seakan semakin terlihat jalan pencapaiannya ^^


6 comments:

Nyuns mengatakan...

sip! bagus banget mas buku ini mas agy..:)
aku dapat buku ini dari komentar di tokoh Djarum... find your passion...

gigilokuning mengatakan...

pastikan baca yunita, insya allah banyak manfaatnya ^^

Atika Luthfiyyah (TIKA) mengatakan...

wah agyyyy banyak banget buku bagus yg agy baca. agy pinjem young on top dooonk

gigilokuning mengatakan...

dear tiko, kalo young on top saking seringnya dibawa-bawa sekarang lupa ditaro dimana^^
mending beli, investasi masa depan

Atika Luthfiyyah (TIKA) mengatakan...

hahahaha.....sampe lupa ya ada dimana. sama kayak beberapa novelku yg dipinjem2, dan pasti aku akan bilang hal yg sama. mending beli aja, buat investasi. good advice. haha

gigilokuning mengatakan...

wah jadi ngebayangin seorang atikah membaca teenlit and chicklit...haha

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^