Kamis, 07 April 2011

2.PLTN Masih Menghkawatirkan

Memang bencana nuklir di Jepang merupakan sebuah bencana besar, namun jangan dilupakan dengan adanya bencana tidak menutup kemungkinan pengetahuan manusia akan bertambah. Beberapa minggu ini sering sekali dikabarkan tentang keadaan PLTN Fukushima di Jepang. Saya sebagai seseorang yang tidak berkecimpung di bidang nuklir dan tidak tahu menahu apapun tentang nuklir, ternyata memiliki hasrat untuk mengetahui lebih jauh sebenarnya apa yang terjadi di Jepang. Masukan terbesar berasal dari pernyataan para ahli di media massa baik dalam maupun luar negeri. Ternyata ada beberapa fakta yang menarik untuk disimak.

Reaktor nuklir yang dimiliki Jepang merupakan reaktor dengan model yang cukup lama. Reaktor tersebut didesain oleh beberapa orang bule, namun setelah mereka mengetahui bahwa hasil rancangannya sebenarnya memiliki potensi yang membahayakan para desainer tersebut mengundurkan diri dari proyek tersebut. Hal ini terjadi di tahun 1960-an.


Fakta lain yang saya baca adalah ternyata kebocoran nuklir bukan kali ini terjadi dan bukan hanya di Chernobyl. Ada beberapa kebocoran kecil yang tidak terliput media, ataupun disembunyikan keberadaanya. Walaupun kebocoran kecil, tentunya masih berpengaruh pada kehidupan manusia di sekitarnya.

Baru-baru ini saya membaca bahwa Amerika telah mengirimkan ahli nuklirnya ke PLTN Fukushima. Ada beberapa pernyataan dari ahli-ahli tersebut. Mereka menganggap masih banyak potensi bahaya di masa depan pada PLTN ini. Mereka menyebutkan bahwa penggunaan air laut untuk mendinginkan reaktor akan membuat semacam lapisan yang menghalangi proses pendinginan selanjutnya. Lapisan tersebut terbentuk akibat reaksi kimia.Mereka juga melansir bahwa mereka masih menyangsikan air laut dapt mendinginkan pusat reaktor. Mereka juga bercerita tentang bagian atas reaktor yang tutupnya terbuka dimana bisa melepaskan zat-zat radio aktif puluhan mil dari reaktor. Ada beberapa bagian dalam reaktor nuklir yang saya sendiri tidak kurang familiar, namun begitulah yang saya tangkap. Ini semua masih dalam penelitian dan pengamatan. Mari  berdoa untuk hasil yang baik.

Saya jadi bertanya bagaimana kebutuhan energi kita dapat dipenuhi tanpa energi nuklir. Apabila ilmu pengetahuan tidak berkembang dengan lebih cepat darimana kita akan mendapatkan listrik. Negara industri seperti Perancis, saya baca mendapatkan 80% pasokan listriknya dari energi nuklir. Semoga sumber energi lain dapat diperoleh ataupun peningkatan keamanan akan PLTN semakin ditingkatkan. Tidak ada hal yang 100% aman, namun resiko dapat diperkecil. Semua mungkin dapat dilakukan, apabila kemauan untuk belajar selalu ada.

0 comments:

Posting Komentar

Sepatah dua patah kata akan mendekatkan kita ^^